Jumat, 08 Maret 2013

Kebudayaan Makassar

Makassar adalah suatu kota yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan. Makassar terkenal dengan berbagai macam kebudayaan. 
 

Yang pertama adalah Baju Bodo yang terbuat dari bahan khas dari daerah ini sendiri. baju ini biasa nya di pakai para pengantin yang berasal dari daerah ini sendiri dan tak lupa pula lengkap dengan aksesorisnya yang berupa anting, gelang, dan kalung. Dan baju ini pula bisa juga di pakai dalam acara-acara lain. Dan unik nya lagi  baju ini di padukan dengan sarung yang juga bahan yang khas dari daerah ini, sarung ini biasa nya digunakan dengan cara di ikat dengan tali plastik.
Yang kedua adalah tari  Tari Pakarena Ma'lino dalam bahasa Makassar adalah membumi. Dengan berpijak pada nilai-nilai tradisi setiap manusia akan mampu bertahan atau menjauhkan dirinya dari nilai-nilai yang pengaruh negatif diluar dirinya. Tarian ini terinspirasi dari tarian Pakarena, tarian klasik dari Makassar yang merupakan cerminan dari sikap dan kepribadian masyarakat Bugis-Makassar yaitu kesabaran dan keteguhan hati seorang wanita. Laksana karang yang ditengah lautan tetap kokoh walaupun diterjang sang ombak
 
Yang ketiga kita beralih ke makanan yang ada di makassar sendiri, banyak makanan yang enak, contoh nya adalah Palubutung,dan Pisang Ijo. Dari nama nya saja kita tentu sudah mengetahui kalo bahan dasar nya adalah pisang. makanan ini berada di urutan yang ke-2 setelah Coto Makassar.Makanan ini sendiri tidak hanya di kenal di kota nya sendiri, tapi sudah terkenal hingga ke luar kota. Contohnya di Jakarta..Sebenarnya masih banyak lagi makanan yang berada di sana tapi mungkin hanya satu saja yang saya jadi kan contoh.
 

Yang ke empat adalah pantai nya.
tidak hanya di jakarta saja yang mempunyai pantai yang indah,, di makassar pun juga terdapat pantai yang indah pula.pantai tersebut adalah Pantai LOSARI,, pantai yang berada di pinggar jalan ini banyak menarik para penduduk di sana dan para wisatawan untuk berhenti sejenak menikmati indah nya pantai,kencang nya angin,dan deras nya ombak.
di sebelah pantai itu sendiri, terdapat banyak rumah makan yang menyajikan makanan khas makassar..
dan kebanyakan penduduk daerah sana bermata pencaharian sebagai nelayan. sehingga di makassar banyak makanan yang terbuat dari ikan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar